Pernahkah Anda melihat alat makan dan pembungkus makanan yang terbuat dari kertas? Pasti pernah, kesadaran manusia terhadap pencemaran lingkungan oleh limbah plastik membuat inovasi dalam penggunaan kertas untuk kemasan makanan atau sebagai peralatan makan.

Oleh karena itu alat makan dari kertas kini makin marak digunakan.

Kertas makanan dinilai lebih sehat karena tidak memiliki kandungan kimia seperti jenis kemasan lain dan dianggap memenuhi standar food grade atau makanan berkualitas.

Lalu apa saja sih sebenarnya kelebihannya kalau kita menggunakan kertas untuk kemasan makanan? Bahan kertas apa saja yang umum digunakan? Lalu apa kreasi apa saja yang bisa dibuat dari kertas food grade ini?

Yuk simak informasinya berikut ini!

Fungsi Kertas untuk Kemasan Makanan

Berikut adalah beberapa manfaat lebih yang bisa didapatkan bila Anda menggunakan kertas untuk kemasan makanan:

a. Bisa menampilkan informasi

Kemasan makanan dari kertas

Contoh kertas untuk kemasan makanan

Kertas adalah bahan yang jauh lebih mudah dicetak dibandingkan dengan bahan plastik atau logam. Jadi menggunakan kertas makanan sebagai kemasan juga berfungsi untuk menyampaikan informasi mengenai produk makanan.

Contoh informasi produk seperti kandungan gizi, komposisi, tanggal kadaluarsa, status halal dan izin serta informasi penting lainnya.

Informasi produk kemasan juga bisa menampilkan informasi tentang jenis bahan kemasan, supaya seperti menunjukkan status daur ulang atau cara pembuangan sampah kemasan yang benar.

b. Menambah nilai produk

Desain kemasan makanan kreatif dari kertas

Desain food packaging kreatif dari kertas

Melalui kemasan kertas makanan Anda bisa membuat produk menjadi lebih unik dibandingkan produk sejenis.

Anda bisa membuat desain kemasan yang bisa mencuri perhatian konsumen dan menjadikan produk terlihat lebih menarik.

Desain atau tampilan pada kemasan juga bisa menjadi media untuk menyampaikan pesan elegan, higienis dan citra lain yang ingin Anda munculkan dari produk makanan.

c. Mempermudah proses pengiriman makanan

Desain kemasan makanan dari kertas yang mempermudah pengiriman

Paper food packaging

Fungsi kemasan kertas makanan bisa memudahkan anda untuk mengirim makanan. Bahan kertas dapat dibentuk menjadi dus atau box anti tumpah.

Apalagi saat ini setiap orang semakin mudah untuk memesan makanan dari lokasi yang jauh menggunakan aplikasi pengiriman.

Tentu hal ini akan menguntungkan bagi para pemilik bisnis makanan karena produknya bisa dinikmati oleh banyak orang. Selain untuk pengiriman, kemasan makanan juga membantu untuk membawa makanan dari satu tempat ke tempat lain tanpa ribet.

c. Menjaga kualitas makanan

Menjaga kualitas makanan dengan kemasan kertas yang fungsional

Menjaga kualitas makanan dengan kemasan kertas yang fungsional

Makanan adalah salah satu benda yang sangat sensitif terhadap lingkungan sekitarnya, seperti suhu, cuaca, kelembaban dan faktor lainnya bisa mempengaruhi kualitas makanan.

Hal ini mudah dibuktikan, jika Anda meletakkan produk makanan di tempat terbuka akan mudah kotor dan ditumbuhi jamur. Sehingga butuh kemasan untuk tetap menjaga kualitas makanan.

Jika anda merupakan seorang produsen makanan atau pemilik bisnis makanan, tentu anda tidak ingin jika makanan yang anda buat kotor dan hancur. Karena pasti tidak akan ada konsumen yang akan membelinya sehingga Anda akan mengalami kerugian.

Untuk mencegah hal ini, solusinya adalah memberikan kemasan seperti menggunakan kertas makanan.

Beberapa Bahan Kertas yang Biasa Dipakai untuk Kemasan Makanan

Setelah kita mengetahui fungsi kertas makananan, maka berikut adalah 3 bahan kertas makanan yang paling umum digunakan di Indonesia saat ini :

1. Kertas makanan duplex

Kertas makanan bahan duplex

Bahan duplex biasa dipakai untuk dus makanan / nasi box

Ciri dari bahan kertas makanan duplex adalah memiliki dua sisi yang berbeda warna yaitu abu-abu dan putih.

Bagian abu untuk bagian dalam sedangkan bagian putih untuk bagian luar sebagai media cetak media gambar atau dekorasi printing lainnya.

Kertas duplex memiliki tingkat ketebalan yang berbeda mulai dari 250gsm hingga 450gsm. Jika Anda ingin makananan Anda benar-benar aman, silahkan pilih kertas duplex dengan tingkat gramasi 450 gsm.

2. Kertas untuk kemasan makanan tahan minyak

Kertas tahan minyak untuk makanan

Glasin / Grease Proof Paper, kertas tahan minyak untuk makanan

Grease Proof paper atau juga disebut dengan kertas glasin adalah jenis kemasan kertas yang biasa digunakan untuk produk makanan yang mengandung minyak.

Anda bisa menggunakan jenis kertas glasin untuk membungkus makanan seperti gorengan, keripik, dan jajanan ringan yang mengandung minyak lainnya.

Kertas glasin ini meskipun tahan terhadap minyak namun justru tidak tahan terhadap air. Jika terkena air keras ini mudah rusak.

3. Kertas Ivory

Kertas ivory untuk kemasan makanan

Dus makanan menggunakan kertas ivory

Jenis kertas ivory adalah kertas pembungkus makanan yang memberikan kesan eksklusif pada produk makanan. Pasalnya kertas ini memiliki desain yang unik dengan tekstur berbeda diantara kedua sisinya, yaitu sisi halus dan kesat.

Tentunya kertas ini sudah bersertifikasi food grade, sehingga makanan dengan kemasan ini akan sangat aman dikonsumsi, atau tidak menimbulkan efek buruk jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Kertas ivory bisa Anda temukan pada pembungkus makanan pada restoran cepat saji seperti kentang goreng, burger dan ayam goreng.

Macam-macam Penggunaan Kertas untuk Makanan

Ada banyak bentuk yang bisa diciptakan dari kertas food grade. Berikut ini adalah inspirasinya :

  1. Food packaging, yaitu kemasan makanan yang langsung bersentuhan dengan makanan sehingga terbuat dari bahan yang aman atau food grade. Contoh food packaging ini diantaranya take away bowl, meal bowl, paper bowl, paper cup, pouch dan lainnya.
  2. Cake box, yaitu kemasan khusus kue art carton, kraft paper, gold paper, corrugated e flute jenis kemasan kertas printing cake box biasanya memiliki ukuran yang besar atau Anda bisa membuat sesuai dengan ukuran produk kue Anda sendiri.
  3. Box makanan, yaitu jenis box khusus untuk hampers atau hadiah bingkisan untuk acara tertentu seperti lebaran, acara imlek, natal, hadiah ulang tahun, hadiah perayaan ulang tahun pernikahan dan hari besar lainnya.
  4. Paper tray, yaitu jenis kertas makanan premium yang bisa digunakan sebagai pengganti piring. Biasa digunakan pada acara makan-makan di pesta, saat bazar dan acara lainnya.
  5. Box burger, yaitu jenis kertas makanan kemasan untuk burger, biasanya berbentuk kotak kecil ukuran burger dengan bahan ivory.
  6. Box pizza yaitu kertas makanan untuk pizza. Anda bisa membuat kemasan pizza dengan kertas printing untuk mendapatkan desain maksimal seperti industri restoran cepat saji terkenal.
  7. Take away box, yaitu kertas makanan dengan bahan eco paper dan anti minyak. Sesuai namanya, take away box adalah kemasan untuk memudahkan orang membawa makanan.
Macam-macam penggunaan kertas food grade

Macam-macam penggunaan kertas food grade

Nah, apakah Anda sudah lebih mencintai lingkungan dengan mulai menggunakan kemasan makanan dari kertas?

Yuk mulai dari diri sendiri, cintai alam dengan mengurangi sampah plastik!

Dapatkan berbagai produk kertas berkualitas yang ramah lingkungan hanya di Starlite Paper & Cards! Beli 1 lembar, gratis potong.

Follow juga Instagram Starlite Paper untuk mendapatkan berbaga i informasi berkualitas seputar kertas.